JALAN – JALAN KE BUSAN -GAMCHEON-

Train_To_Busan-p2Apakah ada yang pernah menonton film bergenre horor yang sempat menjadi bahan pembicaraan pada tahun 2016 lalu yang dibintangi oleh actor bernama Gong Yoo? Yap benar, “Train to Busan” atau dalam bahasa Korea ditulis “부산행” (BusanHaeng) merupakan film bergenre horor yang menceritakan seorang anak yang ingin bertemu dengan ibunya yang berada di Busan pada hari ulang tahunnya, sehingga sang ayah (Gong Yoo) tidak mempunyai pilihan lain selain meng-iyakan keinginan tersebut. Pada pagi hari keesokan harinya, mereka berangkat ke Busan dari stasiun Seoul dengan menggunakan kereta KTX yang merupakan kereta tercepat di Korea, sebelum kereta meninggalkan stasiun Seoul, seorang wanita yang telah terinfeksi virus masuk ke kereta tersebut dan cerita pun dimulai.

Saya cukup beruntung karena dapat bepergian ke Busan serta melihat – lihat tempat syuting film yang berada di 3 tempat yang berbeda yaitu stasiun Seoul – kereta KTX – Busan. Cukup mengejutkan pertama kali saya melihat kereta KTX karena sebelumnya saya juga ingin untuk menaiki kereta Shinkanshen yang berada di Jepang, harga tiket kereta tersebut juga cukup mahal yaitu 76,000 KRW – 110,000 KRW (sekitar 900,000 – 1,300,000 Rupiah) untuk tiket 2 hari (anda dapat dengan bebas menggunakannya selama 2 hari tersebut). Kereta tersebut sangat cepat dan dapat mencapai kecepatan 352km/jam yang mana hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam hingga sampai ke Busan, sangat lebih cepat dibandingkan dengan bis yang memakan waktu selama lebih dari 5 jam.

Akhirnya kami sampai di Busan!^^

BUSAN, SOUTH KOREADestinasi pertama kami yang sangat populer di Busan yaitu “Busan Gamcheon Cultural Village” (부산 감천문화마을), pada mulanya destinasi ini tidak lain hanyalah sebuah perkampungan kumuh yang terletak di atas bukit yang tidak tertata rapi sama sekali, namun pada tahun 2009 para mahasiswa bekerja sama untuk lebih mencerahkan kawasan tersebut dengan cara membuat banyak sekali lukisan dan karya seni di perkampungan tersebut dan mewarnai rumah – rumah warga sehingga terlihat lebih berwarna. Hingga kini tempat tersebut menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan turis manca negara karena ide brilian dari para mahasiswa tersebut.

Apabila anda ingin pergi ke Gamcheon, pastikan anda memakai sepatu yang nyaman karena jalan disana cukup terjal dan apabila anda ingin mengelilinya, anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Anda dapat membeli peta dengan harga 2000 KRW dan mulai berburu stempel yang disediakan disetiap spot di Gamcheon untuk mendapatkan 5 kartu pos gratis!

Selagi anda berburu stempel, temukan spot – spot menarik untuk berfoto ria dan temukan juga maskot Gamcheon yang tidak lain ialah pangeran ini :

34 Little Prince & The Fennec Fox Gamcheon Culture Village Art Busan South Korea-141Selamat berburu!^^

 

Ditulis oleh : William Christianto Setiawan

Sumber foto :

  1. http://asianwiki.com/Train_To_Busan (gambar 1)
  2. http://www.thetravelingnomad.com/2017/02/my-first-winter-experience-busan-south.html (gambar 4)
  3. http://jotarofootsteps.blogspot.kr/2016/08/art-gallery-korean-street-art-gamcheon.html (gambar 10)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s