MEMBERSIHKAN TEPI SUNGAI HONGJECHEON

1462087364967Hari ini, perkenankanlah saya memberikan informasi mengenai kegiatan sukarelawan yang menjadi bagian dari Program Persahabatan Global yang telah kami kirimkan sebelumnya. 😉

Pada akhir April, kelompokku bergabung dengan tim sukarelawan Universitas Myongji untuk aktivitas kebersihan. Biasanya tim tersebut membersihkan kampus dan area sekitar setiap minggu, namun sebulan sekali mereka berjalan sepanjang aliran sungai Hongjecheon dan mengambili sampah di sepanjang perjalanan. Kami bergabung di hari Rabu sore yang cerah itu untuk membantu membersihkan alam yang indah disekitar aliran sungai.

Sebuah kumpulan orang yang sangat banyak sudah menanti kami untuk memberikan kepada kami rompi resmi sukarelawan dan tim inisiatip kampus hijau (Green Campus Initiative Team) juga bergabung bersama kami untuk membersihkan sungai tersebut. sambil berjalan ke sungai Hongjecheon dan membersihkan jalan, temanku Joy bercerita mengenai bagaimana tugas bersih – bersih kampus digunakan untuk mereka yang bertindak diluar aturan di sekolahhnya sewaktu ia masih murid SMA. Di SMA ku yang dulu, murid – murid juga ditugaskan untuk tugas kebersihan, namun bukan sebagai hukuman melainkan untuk belajar bertanggung jawab dan merawat lingkungan sekolah kami. Jadi selagi kami berbicara mengenai pengalaman kami yang berbeda dengan membersihkan sampah di tengah jalan, kami sangat menikmati untuk memberikan sesuatu kembali kepada komunitas dengan cara membuat area di sekitar menjadi bersih dan lebih indah lagi. Anggota lain dari tim sukarelawan sangat baik dan berbicara kepada kita dengan menggunakan bahasa Korea dan Inggris yang mana membuat pengalaman tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Ketika kita sampai di Hongjecheon, kita sangat terkejut karena tepi sungai tersebut sudah bersih terlebih dahulu. Orang Korea benar – benar menjaga lingkungan mereka tetap bersih dan menghargai orang lain yang memakai fasilitas yang sama. Bagaimanapun, kami tetap melakukan yang terbaik, karena membersihkan sampah yang terkecilpun berarti sudah berkontribusi kepada komunitas. Dan pekerjaan kami benar – benar terbayar – kami terhenti beberapa kali ditengah jalan karena ada beberapa nenek dan orang muda yang berterimakasih atas pekerjaan kami dan memberikan kami pujian karena menjadi anak – anak muda yang melakukan sesuatu yang berharga untuk komunitas mereka. ketika kami memberitahukan kepada mereka bahwa kami mahasiswa Myongji, mereka semua membalasnya dengan “ Oh ya, mahasiswa – mahasiswa Myongji memang bijaksana dan pekerja keras!” mendapat balasan yang luar biasa seperti ini dari mereka benar – benar adalah bagian terbaik dari hari kami dan saya akan mengingat betapa berharganya kebahagiaan mereka untukku.

Tidak terasa waktu telah berjalan ketika kami sedang bersih – bersih, seperti hanya beberapa menit ketika kami berjalan menuju kampus kami. Saya akan sangat senang untuk membersihkan lebih lagi, dan untungnya akan selalu ada waktu untuk kembali bergabung dengan tim untuk membersihkan sungai tersebut. saya sangat berterimakasih kepada tim sukarelawan, yang membiarkan kami untuk bergabung dengan mereka untuk melakukan aktifitas yang bermakna dan kepada tim Persahabatan Globalku “ENJOY” yang mengambil bagian dalam aktivitas yang penuh memori ini. Saya sudah menunggu untuk hari Rabu yang cerah berikutnya dimana kami bisa membantu untuk membuat komunitas menjadi lebih bersinar lebih cerah lagi.1462200666048

Ditulis oleh                : Elena Kubitzki

Diterjemahkan oleh : William Christianto Setiawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s